Batuk Kencur Solusinya

Seiring dengan perkembangan kemajuan zaman yang semakin canggih dan serba instant baik dalam segi teknologi dan makanan, farmasipun ikut mengalami perkembangan juga, sehingga banyak obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang dapat dengan gampang, yang menjadi permasalahan adalah tidak semua lapisan masyarakat dapat menjangkaung obat-obatan yang disediakan oleh farmasi kerana keadaan ekonomi yang tidak mendukung.  Oleh sebab itu pengobatan secara tradisional/herbal dapat dijadikan untuk mengatasi hal tersebut, karena sesungguhnya sangat banyak tanaman yang ada disekitar kita yang bisa dijadikan sebagai obat untuk berbagai penyakit, salah satunya adalah kencur atau Kaempferia Galanga (Latin) kencur juga merupakan termasuk dalam kelompok jahe-jahean (zingeberaceae) dengan nama ilmiah Kaempferia galanga L. Aroma, selain digunakan sebagai obat ramuan tradisional, kencur juga dapat digunakan sebagai penyedap makanan dan dapat juga digunakan sebagai kecantikan, oleh sebab itu tidak heran lagi kencur banyak digunakan dalam berbagai produk.


Kaempferia Galanga (Latin) atau Kencur sangat banyak dipergunakan dalam obat-obatan tradisional baik pabrik-pabrik jamu maupun dibuat sendiri. Dalam penggunaannya kencur juga dapat dipadukan dengan rempah-rempah yang lain. Berikut ini adalah kegunaan kencur dan cara meramunya sebagai obat BATUK.

CARANYA:

  1. Rimpang kencur 1 jari (jangan dibuang kulitnya) dicuci bersih lalu dikunyah halus-halus dengan sedikit garam kemudian ditelan dan disusul dengan minum air hangat dilakukan 2 kali sehari.
  2. Rimpang kencur 2 jari, bawang merah 8 butir, buah kapolaga 3 buah, buah kelengkeng 8 buah, daun kaki kuda 1/3 genggam, daun jinten ¼ genggam, rimpang jahe 1 jari. Semua bahan dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dalam air bersih 3 gelas, hingga setengahnya, kemudian beri madu murni 4 sendok makan. Diminum 3 kali sehari sebanyak ½ gelas.
  3. Selamat Mencoba n cepat sembuh.



No comments:

Post a Comment